Jenis-jenis Busur -1 (Seri Mengenal Panahan)





 

 

Jenis-jenis Busur -1 (Seri Mengenal Panahan)

 

Halo sobat MORA, apa kabar semuanya?

Kali ini kita ngobrol-ngobrol soal panahan kuy. Sobat MORA udah pada kenal panahan kan?
Pasti kenal sama Robin Hood, Katniss Everdeen The Hunger Games, Legolas Lord of The Ring dan Hawkeye The Avengers, dong?

Sobat MORA pernah perhatiin ga, kalo ternyata busur yang dipake Robin Hood, Katniss Everdeen dan Hawkeye, bentuknya beda-beda. Malah, kalo sobat MORA pernah nonton Robin Hood dalam berbagai versi, busurnya juga ada beda-beda. Ada yang pake busur model lurus panjang, yang biasa disebut longbow, ada juga yang pake busur tradisional seperti yang dipake pasukan Mongol atau Turki.

Ternyata busur ada banyak bentuknya ya. Sobat MORA penasaran ga? Penasaran kaaaannn?

Kuy kita bahas rupa-rupa busur. Berhubung cukup banyak, mungkin nanti pembahasannya bersambung ya sobat MORA. Untuk awalan, kuy kita bahas jenis busur yang biasa dipake untuk kompetisi standar. Kuy, cekidot.

  1. Busur Standar Nasional

Busur ini merupakan busur yang biasa digunakan para pegiat olahraga panahan, terutama untuk latihan pemula dan calon atlet. Busur ini terdiri atas tiga bagian, riser alias handle yaitu gagang pegangan, dan sepasang limbs atau bilah yang dipasang dibagian atas dan bawah, plus sebuah tali atau string.

Handle-nya biasanya terbuat dari kayu dan limbs-nya terbuat dari kayu berlapis serat gelas (fiberglass), sedangkan stringnya biasanya terbuat dari dacron. Sepasang limbs-nya itu bisa dilepas pasang ke riser-nya, dengan pake baut yang sesuai.

 

  1. Busur FITA Recurve

Busur Fita Recurve ini punya bentuk yang sama dengan Busur Standar Nasional, tapi bahannya berbeda. Risernya terbuat dari logam, biasanya aluminium, atau karbon, dan limbsnya biasanya terbuat dari kayu, bambu atau foam berlapis fiberglass atau karbon. Bedanya sama busur standar nasional, limbs busur FITA tidak dipasang dengan baut yang diputar, tapi cukup diselipkan aja. Sistem ini disebut ILF atau International Limb Fit.

 

  1. Busur Compound/Mekanis

Busur jenis ini punya bentuk yang sekilas sangat berbeda dengan kedua jenis sebelumnya. Padahal sebetulnya komponen dasarnya sama. Sama-sama terdiri dari riser alias handle, sepasang limbs yang terpasang dibagian atas dan bawah riser/handle, dan string. Hanya aja mekanismenya yang sedikit berbeda. Busur compound ini menggunakan pulley atau semacam roller di kedua ujung limbsnya, untuk mengefisienkan ukuran busur, panjang string, tenaga yang harus dikeluarkan ketika menarik string dan tenaga lontaran anak panah. Karena pake mekanisme ini, busur compound jadi lebih pendek daripada busur recurve, tapi panjang stringnya ga banyak berubah, padahal tenaga lontarannya relatif lebih besar.

Dari segi bahan, keseluruhan busur compound ini, baik riser/handle, limbs, maupun pulley-nya, terbuat dari bahan logam, kecuali stringnya.

Nah, itu dia busur-busur yang biasa dipake untuk pertandingan panahan, sesuai standar induk olahraga panahan Indonesia. Next time kita lanjutin bahas busur-busur tradisional ya, sobat MORA. Stay tuned gaes. Ciao

 

~ AM, 25.2.22 ~



×