Apa itu Museum Experience di Museum Olahraga Nasional?





Museum Olahraga Nasional adalah museum khusus yang isinya menampilkan koleksi tentang olahraga dengan tujuan dapat mengedukasi masyarakat terkait olahraga mulai dari sejarahnya, perjuangan para atlet, hingga motivasi untuk berolahraga demi kebugaran jasmani. Selama ini, Museum Olahraga Nasional selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pengunjungnya.

Awal tahun 2020, pandemi melanda seluruh dunia. Dampaknya menimpa berbagai sektor kehidupan termasuk museum. Kegiatan museum yang biasanya menerima pengunjung harus dibatasi. Museum Olahraga Nasional pun menyesuaikan diri dan berbenah untuk mengembangkan inovasi-inovasi terkait kunjungan agar meskipun pandemi berlangsung, pelayanan museum tetap berjalan dan optimal. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Museum Olahraga Nasional adalah Museum Experience. Ini adalah inovasi kunjungan secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

Museum Experience sangat sesuai dengan kondisi pandemi karena tidak ada kontak langsung, dapat diikuti oleh banyak orang sekaligus (kapasitas zoom mencapai 1000 orang), dan dapat diikuti darimana saja selama ada akses internet. Kekurangan Museum Experience sangat sedikit hanya pada segi teknis dan hal tersebut dapat diantisipasi.

Selama taun 2021, sebagai tahun awal mula diperkenalkannya Museum Experience di Museum Olahraga Nasional, peminatnya sangat banyak. Jumlahnya mencapai 9.698 orang dan mulai diikuti oleh pengunjung tidak hanya dari Jakarta namun juga dari luar Jakarta seperti dari Yogyakarta.



×