Sejarah Selancar yang Rumit ...

Bagi sebagian orang, selancar adalah olahraga yang serius. Bagi yang lain, hanya cara untuk rekreasi. Namun terlepas dari hubungan kasualnya dengan kesenangan dan matahari, selancar memiliki sejarah yang lebih kaya dan lebih dalam daripada yang disadari banyak orang. Apa yang sekarang kita sebut selancar berasal dari pulau-pulau Polinesia di Samudra Pasifik. Kita tahu dari berbagai laporan bahwa seluncur ombak dilakukan di seluruh Pasifik Polinesia, serta di Afrika Barat dan Peru. Tetapi di kepu ...

Bagaimana Berlatih Secara Efektif? ...

Halo Sobat Mora! Menguasai keterampilan fisik apa pun baik itu melakukan pirouette, memainkan alat musik, atau melempar bola bisbol, membutuhkan latihan. Latihan adalah pengulangan tindakan dengan tujuan peningkatan, dan itu membantu kita tampil dengan lebih mudah, cepat, dan percaya diri. Jadi apa yang dilakukan latihan di otak kita untuk membuat kita lebih baik dalam berbagai hal? Otak kita memiliki dua jenis jaringan saraf: materi abu-abu dan materi putih. Materi abu-abu memproses informas ...

Strategi Dasar Pemeliharaan Koleksi ...

Halo Sobat Mora! Museum Olahraga Nasional punya banyak sekali koleksi atlet berprestasi Indonesia. Dalam rangka menjaga kelestarian puncak karya dan prestasi Olahraga dari atlet nasional Indonesia, diperlukan sebuah strategi pemeliharaan koleksi. Sesuai dengan visi dan misi Museum Olahraga Nasional, museum perlu mengoptimalkan tugas dan fungsinya agar menjadi tempat wisata edukatif dan rekreatif secara komunikatif, produktif, inovatif, dan nyaman bagi masyarakat. Berikut adalah strategi dasar pe ...

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Mulai Berola ...

Jika Sobat Mora berpikir untuk menjalani gaya hidup yang lebih aktif, kamu tidak sendirian. Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang mulai berpartisipasi dalam lebih banyak olahraga, kebugaran, dan rekreasi. Apakah Sobat Mora mencoba untuk menjadi bugar, membentuk otot? Berikut adalah beberapa perubahan yang dapat Anda harapkan. Selama latihan pertama itu, Sobat Mora mungkin merasa lebih waspada dan berenergi karena meningkatkan detak jantung berarti meningkatkan aliran darah ...

Yoga Baik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental ...

Di antara abad ke-1 dan ke-5 M, orang bijak Hindu Patanjali mulai menyusun tradisi meditasi kuno yang dipraktikkan di seluruh India. Dia mencatat teknik hampir setua peradaban India itu sendiri dalam 196 manual yang disebut Yoga Sutra. Teks-teks ini mendefinisikan yoga sebagai 'yoking' atau menahan pikiran dari fokus pada objek eksternal dalam upaya untuk mencapai keadaan kesadaran murni. Seiring waktu, yoga datang untuk memasukkan unsur-unsur fisik dari senam dan gulat. Saat ini, ada ...

Tetap Bugar Selama Berpuasa Dengan Berolahraga ...

Halo Sobat Mora, bagaimana kabar kalian? Bagi yang muslim saat ini kita sedang dalam bulan Ramadhan. Bulan suci di mana kita melaksanakan ibadah wajib puasa. Nah Sobat Mora harus tetap produktif ya walaupun sedang berpuasa. Kita harus tetap bugar dengan cara berolahraga. Manfaat berlatih fisik di bulan puasa yaitu menjaga tingkat kebugaran, menjaga kondisi well-being yaitu kesehatan fisik dan kesehatan mental. Menurut dr. Andhika Raspati, SpKO, seorang Dokter Spesialis Keolahragaan menyarank ...

Bagaimana olahraga bermanfaat bagi tubuh dan otak? ...

Halo Sobat Mora! Apa kabar semuanya, semoga dalam keadaan sehat ya. Di tengah kondisi pandemi ini kita harus tetap berolahraga ya supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Nah Sobat Mora siapa yang pernah nonton pertandingan olahraga secara langsung? Pasti hype-nya kerasa banget ya. Bagaimana seruan penonton yang menyaksikan tim jagoannya menang, atau ketika ada yang bermain dengan curang. Nah di artikel kali ini kita akan membahas mengapa kita menyukai olahraga, apakah olahraga hanya sekedar hiburan? ...

Jenis-jenis Busur -2 (Seri Mengenal Panahan) ...

Jenis-jenis Busur -2 (Seri Mengenal Panahan)   Halo sobat MORA, apa kabar semuanya? Masih inget obrolan kita sebelumnya kan? Yang soal jenis-jenis busur panah? Mosok lupa? Waktu itu kita bahas jenis-jenis busur kompetisi standar kan? Nah, kali ini kita bahas kali ini kita bahas jenis-jenis busur tradisional kuy. Busur tradisional banyak banget jenisnya, beberapa negara bahkan punya kekhasan masing-masing. Sebagaimana yang kemarin udah dibahas, secara umum busur terdiri atas ...

Asal usul Olimpiade Yunani Kuno ...

Berasal dari pedesaan Olympia di Yunani ribuan tahun yang lalu, festival ini dibuat untuk menghormati dewa Yunani Zeus. Kini telah menjadi pertunjukan keunggulan olahraga terbesar di Bumi. Lahir pada 776 SM dan menjadi dasar bagi kalender Yunani yang paling awal. Event yang dilaksanakan tiap empat tahun sekali itu adalah Olimpiade. Pemikiran orang Yunani Kuno, persaingan menumbuhkan keunggulan. Selain cabang olahraga, diadakan pula lomba musik, menyanyi, dan puisi. Sobat Mora dapat memba ...

Jenis-jenis Busur -1 (Seri Mengenal Panahan) ...

    Jenis-jenis Busur -1 (Seri Mengenal Panahan)   Halo sobat MORA, apa kabar semuanya? Kali ini kita ngobrol-ngobrol soal panahan kuy. Sobat MORA udah pada kenal panahan kan? Pasti kenal sama Robin Hood, Katniss Everdeen The Hunger Games, Legolas Lord of The Ring dan Hawkeye The Avengers, dong? Sobat MORA pernah perhatiin ga, kalo ternyata busur yang dipake Robin Hood, Katniss Everdeen dan Hawkeye, bentuknya beda-beda. Malah, kalo sobat MORA pernah nonton Robin ...

Mengapa kita memiliki museum? ...

Halo Sobat MORA! Selamat datang di museum. Museum telah menjadi bagian dari sejarah umat manusia selama lebih dari 2000 tahun. Tapi museum tidak selalu seperti yang kita kenali seperti sekarang. Sejarah museum lebih tua dan lebih aneh dari yang pernah Sobat MORA bayangkan. Kita mulai dari Zaman Yunani, kata museum berasal dari Bahasa Yunani mouseion yang artinya kuil yang dibangun untuk para Muses, dewi seni dan ilmu pengetahuan. Pemohon meminta Muses untuk mengawasi akademisi dan memberikan ...

Apa itu Museum Experience di Museum Olahraga Nasio ...

Museum Olahraga Nasional adalah museum khusus yang isinya menampilkan koleksi tentang olahraga dengan tujuan dapat mengedukasi masyarakat terkait olahraga mulai dari sejarahnya, perjuangan para atlet, hingga motivasi untuk berolahraga demi kebugaran jasmani. Selama ini, Museum Olahraga Nasional selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pengunjungnya. Awal tahun 2020, pandemi melanda seluruh dunia. Dampaknya menimpa berbagai sektor kehidupan termasuk museum. Kegiatan museum yang biasanya me ...

Olahraga itu Sehat dan Menyehatkan. Masa Sih? ...

Halo Sobat MORA. Gimana kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya. Masa pandemi seperti ini, kita harus selalu jaga kesehatan, diantaranya dengan olahraga. Sobat MORA udah tau kan, kalo olahraga berperan penting dalam menjaga imunitas kita? Nah, sobat MORA suka olahraga apa nih? Gowes, jogging, badminton, tenis, panahan, atau mungkin golf? Apapun olahraganya, minumnya tetap es teh manis ya sobat. Eh, maksudnya, tetap perbanyak air putih, supaya tetap terhidrasi dengan baik ya. Sobat MORA mung ...

Konservator, Sang Dokter Koleksi Museum ...

Halo Sobat Mora di manapun kalian berada, semoga dalam keadaan sehat dan tetap semangat ya. Sobat Mora yang mengunjungi museum pastinya ingin melihat koleksi apa saja yang dipamerkan di museum. Pernahkah Sobat Mora bertanya-tanya apabila koleksi yang dipamerkan mengalami kerusakan atau kotor? Bagaimana cara museum menjaga koleksi supaya tetap dalam keadaan yang baik? Nah Sobat Mora ternyata museum wajib merawat koleksinya loh, hal ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia N ...

Kembali ke Sekolah Dengan Energi yang Baru ...

Halo Sobat MORA. Apa kabar? Pastinya semua bersemangat kan? Hari ini teman-teman pelajar sudah mulai menjalani PTM lagi ya? Jangan lupa tetap jaga prokes ya sobat MORA semua. Hepi gegara ketemu temen-temen lama, gapapa, tapi jangan lupa tetap saling ngejaga kesehatan dan keselamatan yaaa…. Setelah lebih setahun, lengkap dengan segala dramanya, akhirnya PTM lengkap dimulai juga ya. Sebagian sobat MORA mungkin ada yang udah sempat ngerasain PTM terbatas, udah sempet ketemu temen-temen ...

New Year, New Hope: Opening Up New Possibilities ...

Hai Sobat MORA, apa kabar di tahun baru ini? Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan Tuhan limpahkan keberkahan. Ngomong-ngomong soal tahun baru, banyak orang yang suka bikin resolusi untuk tahun baru. Apa sobat MORA termasuk yang suka bikin resolusi tahun baru? ­Care to share? Apa aja nih resolusi tahun baru sobat MORA, kali ini? Mungkin ada yang resolusinya mau cari kerja? Ada yang berharap tahun ini bisa punya rumah? Atau mungkin ada yang resolusinya tahun ini mulai kuli ...


×