BerandaBeritaProfilRuanganFasilitasGalleryKontak
\

Revitalisasi Museum Olahraga

Saturday (18/2/2012) - 19:09  

Jakarta: Waluyono, Kepala Museum Olahraga mengatakan pada hari Kamis (17/2) sore, Bahwa dimulai dari rencana Pengurus KONI Tahun 2010 yang memberikan Pradesign Museum Olahraga Modern, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kemenpora pada bulan Desember 2011, untuk  merevitalisasi satu-satunya Museum Olahraga Nasional yang berada di dalam TMII.

Revitalisasi yang dilakukan selain Kondisi Bangunan yang di buat seindah dan semenarik mungkin, selain itu dibuat juga suasana yang menarik,  penampilan serta dapat berinteraktif dengan para pengunjung di mulai dari lantai 1 s/d lantai 3 yang nyaman dan efektif, sehingga diharapkan pengunjung dapat melihat koleksi benda-benda sejarah olahraga secara lengkap, baik itu sejarah Olahraga, Olahraga Prestasi, Olahraga Tradisional, Tokoh-tokoh Olahraga, Atlet Brprestasi, Sarana-prasarana dll. Sehingga meningkatkan minat pengunjung untuk dapat mendatangi Museum, selain pergi ke Mall atau tempat rekreasi lainnya.

Keberadaaan Museum Olah raga Nasional, kita harapkan dapat mendorong keinginan anak-anak bangsa untuk bercita-cita tumbuh dan berkembang dengan sehat sekaligus berprestasi. Museum sangat berpengaruh (Side effect) untuk memotivasi rasa semangat (Spirit) dan membantu kesadaran dan motivasi dalam diri (Intrinsik) untuk hidup sehat, dan memiliki produktifitas manusia Indonesia yang berprestasi sekaligus bidang profesi yang memiliki penghasilan untuk memenuhi kebuutuhan hidup.

Model-model peran dan profesi dalam kehidupan dan karakter yang melekat pada diri manusia dapat dimiliki melalui profesi keahlian, keterampilan, komunikasi dan lingkungan yang kompetitif yang dapat di capai melalui aktifitas jasmani yang disebut “olahraga”.

Melalui museum ini dapat diberikan  informasi secara utuh tentang peran dan bidang olahraga yang dapat membawa manusia kepada kehidupan yang sejahtera dan terdidik sehingga dapat mengangkat harkat martabat dan kehormatan bangsa.

TUGAS MUSEUM OLAHRAGA NASIONAL

  • Mengadakan, melengkapi dan mengembangkan tersedianya obyek penelitian ilmiah bagi siapapun yang membutuhkan.
  • Menyediakan sarana untuk kegiatan penelitian ilmiah bagi siapapun.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian dan menyebarluaskan hasil penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada umumnya.

FUNGSI MUSEUM OLAHRAGA NASIONAL

  • Tempat pengumpulan benda sejarah, budaya , seni, sosial, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi yang kemudian dipamerkan.
  • Sebagai Institusi Penelitian yang menerapkan prosesi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
  • Sebagai tempat pertemuan masyarakat dalam kegiatan pendidikan, kesenian, kebudayaan, penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Sebagai tempat exhibition dan promotion kinerja pembangunan.
  • Sebagai bagian dari industri pariwisata dalam rangka pelayanan wisata domestic dan mancanegara.
  • Sebagai saranan pemassalan dan penerangan kebudayaan yang efektif, dengan menggunakan media-media informasi dan visualisasi yang interaktif.

Oleh karena itu dukungan serta Kontribusi yang Aktif dari Masyarakat Olahraga sangat diperlukan untuk Kemajuan serta Peningkatan Pelayanan Museum Olahraga di Masa yang akan datang. (HD)


Berita Lainnya

Lomba-lomba Edukasi Museum Olahraga Nasional

(26/4/2015) - 09:36   Museum Olahraga Nasional dalam Rangka melaksanakan program kerja tahun 2015 serta untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke 40 pada hari Sabtu tanggal 25 April 2015 mengadakan kegiatan Lomba-lomba Edukasi MUseum...Baca Selengkapnya

Catatan Sejarah Prestasi Olahraga Indonesia

(10/10/2010) - 19:07   Jakarta: Museum Olahraga Nasional Indonesia telah berumur nyaris 25 tahun. Sejumlah catatan sejarah tentang keberhasilan dan prestasi olahraga di dunia telah banyak diabadikan di...Baca Selengkapnya

Index Berita